Sabtu, 17 September 2016

MEMPERBAIKI LAPTOP CQ42 MATI TOTAL







kali ini akan saya bagikan pengalaman saya waktu memperbaiki laptop cq 42 yang mati total dan sekarang sudah bisa hidup seperti sedia kala. awalnya saya ditelphon salah seorang pelanggan saya kalo laptopnya gak mau hidup, tanpa berfikir panjang langsung ku hampiri pemilik laptop ini dan setelah aku coba ternyata gak nyala sama sekali. di pencet tombol power yang lama pun juga masih demikian. hingga akhirnya si bangkai laptop ini aku bawa pulang dengan asumsi bahwa kerusakan berada pada chargernya. 

 

Dan ternyata setelah di rumah aku coba dengan charger yang masih oke tetap masih tidak mau menyala(waduh kudu mbonkar kabeh iki). seperti kerusakan pada laptop yang lain perkiraanku "paling ini chipsetnya di panasi bisa lagi". setelah bersusah payah melepas komponen-komponen pada laptop dan akhirnya sudah dapat mengambil mainboardnya. 

 
tinggal melepas prosesornya dan mainboard siap untuk di blower. sebelumnya aku cari di mbah gugel menurut tukang servis disana cipset  dipanasi 10 menitan kalau terlalu lama dan panasnya tidak sesuai juga bisa merusak chipset. kemudian aku siapkan blower dengan kombinasi angin dan panas yang seimbang takut kalo nanti malah jadi rusak chipsetnya. aku sembur chipsetnya sekitar 15 menitan dan sambil berdoa membaca Bismilah aku merakit kembali komponen-komponen yang terpecah belah ini. 

 

setelah semua terpasang aku tancapkan kabel power dan aku pencet tombol powernya tereeeeeeng.... laptop yang tadinya mati total sekarang sudah bisa nyala lagi.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar