Minggu, 04 September 2016

MENGATASI KERUSAKAN PADA POWER SUPLY PC

Bagi anda yang pernah mengalami masalah kerusakan pada power suply, kali ini saya akan coba share cara sederhana memperbaiki power suply untuk komputer anda. Langkah ini bisa anda lakukan sebelum anda memutuskan untuk membeli power suply baru atau mendatangi servis centre.

 


Power suply memang sering terjadi mengalami kerusakan, banyak faktor yang bisa memicu kerusakannya diantaranya adalah sebagai berikut :
1. Sebagian komponen dalam sudah aus karena sudah lama,
2.Beberapa komponen sudah lemah, sehingga daya yang dihasilkan untuk motherboard PC tidak maksimal.
3. Kotoran atau debu terlalu banyak sehingga mengganggu jalur arus atau mengakibatkan  komponen power suplay terlalu panas.
4. Tegangan listrik yang tidak stabil,
 5.Terdapat komponen yang mati.

Ciri-ciri komputer yang mengalami masalah dengan power suply memang tidak selalu sama antara satu komputer dengan komputer lainnya. Gejala yang ditimbulkan sering mirip dengan seolah olah komponen lain yang kena padahal power suply yang bermasalah. Misalnya; komputer nyala tapi monitor tidak menampilkan apapun, kondisi ini seolah-olah yang kena adalah VGA atau Memori atau motherboard atau monitor padahal Power yang sudah lemahpun dampaknya bisa seperti ini. Gejala umum yang bisa di timbulkan akibat Power yang bermasalah antara lain.

1. PC mati,
2. PC nyala tapi di monitor tidak tampil,
3. PC nyala sebentar kemudian mati.
4. PC sering restart sendiri


Perlu diingat, gejala-gejala tersebut terkadang sangat mirip dengan kerusakan pada komponen lain, sehingga untuk antisipasinya anda lakukan pengecekan pada power suply.
Coba ikuti langkah sederhana sebagai berikut :
1. Copot PSU dari komputer anda.
2. Bongkar cover atasnya dan lakukan pengecekan manual. Caranya sambungkan kabel hijau dengan kabel hitam mana pun, lihat dan rasakan putaran cooling/kipas-nya. Jika bermasalah, cirinya: cooling mati atau putarannya sangat lemah atau seolah-olah mau muter tapi tidak jadi. Jika normal cukup bersihkan saja dan pasangkan kembali.
3. Jika bermasalah, buka empat baut-nya dan bersihkan menyeluruh anda bisa menggunakan kuas cat, sikat gigi, atau hair drayer atau apapun yang ada, sapu ijuk juga boleh :)
4. Jika anda tahu elektronika saya tidak usah menjelaskan, jika belum bisa tidak usah kursus dulu hanya untuk memperbaiki power suplay :)
5. Lihat dengan teliti kondisi fisik komponen, yang paling sering kena adalah: Elco besar, transistor regulator, dioda zener dekat regulator, elco kecil dekat kabel 20 pin.
6. Jika anda menemukan kondisi fisik tidak normal, biasanya elco pecah atau bagian atas elco kembung, ganti komponen tersebut, biasanya power sudah normal kembali


Dengan trik sederhana  ini, anda sudah bisa memperbaiki Power suply komputer anda secara mandiri, namun hati-hati ketika melakukan cek pada power sebab anda terhubung langsung dengan tegangan listrik AC, usahakan memakai sandal jepit atau di atas karpet yang tidak lembab, dan jangan memaksakan diri jika anda merasa tidak mampu. Semoga bermanfaat




Tidak ada komentar:

Posting Komentar